BLK Paser Belajar ke Sragen

BLK Paser Belajar ke Sragen

TANA PASER – Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Kabupaten Paser sedang giat-giatnya membenahi diri, baik dengan cara melakukan berbagai pelatihan bekerjasama pihak ketiga maupun meniru keberhasilan BLK di daerah lain. Seperti baru-baru ini, BLK Paser berkunjung ke BLK Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Di Sragen nomenklatur lembaga ini adalah Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja atau UPTLK Technopark Ganesha Sukowati.

Kunjungan kerja yang dipimpin Sekretaris Daerah Fathur Rahman ini diterima kepala UPTLK Budi di ruang pertemuan UPTLK Ganesha Sukowati, Jumat (22/9). Menurut Kepala BLK Paser Sumarliani, kunjungan ke Sragen ini bertujuan untuk melihat sistem kerja UPTLK Sragen dalam mencetak calon tenaga kerja juga dalam memanfaatkan jaringan kerja dengan pihak lain.

Dua hal ini menurut Sumarliani sudah berjalan di Paser namun belum maksimal karena kepercayaan masyarakat terhadap BLK masih rendah. “Dengan seringnya kami melakukan pelatihan merupakan sakah satu cara mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari masyarakat,” kata Sumarliani.

Terkait dengan jaringan kerja, Sumarliani megaku BLK sangat jauh di belakang UPTLK Sragen. “Mereka sudah bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, juga dengan beberapa perguruan tinggi seperti UNS Solo, UGM Jogja dan Unhas Makassar,” lanjutnya.

Terkait jaringan kerja ini, Sumarliani mengaku tidak akan muluk-muluk. Di Paser banyak perusahaan yang bisa diajak bekerja sama, jadi, pihaknya akan mengajak perusahaan untuk bersama-sama mencetak calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, juga mengakomodir warga Paser yang ingin mandiri melalui jalur wira usaha.

Selain Sekda, dalam kunjungan ini ikut juga Asisten I Setda Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bappeda Putu Suantara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sancoyo bersama Sekretaris Sutomo dan jajarannya, Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Muhammad Tauhid dan Kepala Bagian Bina Kesra II Dharni Hariyati beserta jajarannya. (aks)

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment